cinderamata-palembang
Tourism

4 Sentra Oleh-oleh Palembang untuk Atlet dan Official Asian Games 2018

Pempek dan songket adalah beberapa cinderamata khas Palembang yang sering diincar banyak turis, tak terkecuali para atlet dan official peserta Asian Games 2018.

Inilah 4 tempat yang bisa Anda kunjungi untuk berburu oleh-oleh khas Palembang:

lg.php.gif1. Pasar Cinde

Pasar Cinde adalah pasar tradisional yang terdapat di Jl Jenderal Sudirman, Palembang, Sumatera Selatan. Ini adalah pasar tradisional yang sudah ada sejak 1958.

Masuk ke dalam, Anda bisa melihat hiruk-pikuk kehidupan masyarakat Palembang saat berbelanja, dan tentu saja menemukan oleh-oleh khas.

Pasar Cinde terdiri dari beberapa bagian. Di bagian atas, wisatawan bisa menemukan berbagai barang keperluan sehari-hari seperti sayur, buah, ayam dan masih banyak lagi. Di bagian luar ada toko yang menjual berbagai barang perlengkapan.

Biasanya, pasar ini dikunjungi traveler yang ingin membeli pempek atau kerupuk khas Palembang sebagai buah tangan. Ya, bagian dalam pasar terdapat banyak kios yang menjual oleh-oleh jenis ini.

Jika traveler ingin membawa makanan atau kue khas Palembang sebagai oleh-oleh, datang saja pada pagi hari. Saat itu ada banyak penjual kue dan makanan ringan yang menjajakkan barang di pasar.

Baca Juga : Kualitas Broadcast Asian Games Setara Piala Dunia

2. Pasar 16 Ilir Barat Permai

Selain Pasar Cinde, tempat belanja lain yang juga bisa turis kunjungi untuk berburu oleh-oleh adalah Pasar 16 Ilir Barat Permai. Pasar ini berada di kawasan 16 Ilir, Palembang, tepatnya berada di belakang Ramayana.

Pasar 16 Ilir menjual aneka barang yang bisa Anda bawa sebagai oleh-oleh. Tak perlu takut soal harga, karena hampir semua barang dijual secara grosir. Pas untuk traveler yang ingin membeli cinderamata cukup banyak, tapi ingin mendapatkannya dengan harga miring.

Pasar 16 Ilir diisi oleh ratusan ruko yang menjual aneka barang, termasuk turis yang ingin membeli emas Palembang.

Tak hanya emas, turis yang datang bisa menjelajah masuk ke dalam pasar dan menemukan tas, dompet, atau pun sarung khas Palembang. Yang tak kalah penting, Anda juga bisa menemukan songket Palembang yang sudah terkenal kualitasnya.

3. Pempek Candy

Nah, ini dia oleh-oleh wajib yang tidak boleh dilupakan pelancong saat traveling ke Palembang, yaitu pempek. Ya, traveling ke Palembang tanpa membawa pempek sebagai buah tangan memang tidak lengkap.

Ada banyak tempat untuk mendapatkan pempek khas Palembang, tapi yang paling ramai dan banyak dikunjungi turis adalah Pempek Candy. Pempek Candy adalah toko pempek yang berada di Jl Jenderal Sudirman No 21.

Tak hanya pempek, toko ini juga menjual makanan lain khas Palembang seperti tekwan, model dan aneka pindang.

Pempek yang dijual Pempek Candy bisa Anda bawa pulang dan bisa bertahan hingga 1 minggu di dalam freezer. Jika tidak berada di freezer, pempek ini bisa bertahan hingga 2 hari.

Asyiknya, wisatawan yang datang tidak hanya bisa membawa pulang makanan ini sebagai oleh-oleh, tapi juga makan langsung di sana.

4. Outlet Nyenyes Palembang

Kalau pempek tidak cukup sebagai oleh-oleh, turis juga bisa membeli suvenir lain yang tentu masih bernuansa Palembang, seperti kaus, stiker, atau gantungan kunci. Salah satu outlet yang menjual aneka suvenir jenis ini adalah Outlet Nyenyes Palembang.

Outlet ini bisa Anda temui di Jl Jenderal Sudirman no 1080. Barang yang diincar adalah kaus. Beragam kaus bertuliskan atau bergambarkan hal yang identik dengan Palembang bisa Anda dapatkan di sini.

Tak perlu takut soal kualitas dan model, barang-barang yang dijual Outlet Nyenyes mengikuti zaman. Beberapa kaus yang dijual di antaranya bertuliskan “Emang Gue Palembang”, “Wong Kito Galo,” dan bergambar Jembatan Ampera yang menjadi ikon kota.

Harga pun bervariasi. Biasanya, untuk satu kaus bergambarkan ikon Palembang dikenai harga Rp 85.000/buah. Tertarik?

About the author

Related Posts