asian games
Sports

4 Kesan dan Pesan Menarik di Ajang Asian Games

Asian Games adalah pekan olahraga negara-negara Asia yang diselenggarakan di negara Asia yang terpilih menjadi tuan rumah. Di dalamnya, berbagai macam cabang olahraga dipertandingkan. Cabang Olahraga yang dipertandingakan ternyata mempunyai kesan dan pesan menarik.

Asian Games pertama kali diselenggarakan pada tahun 1951. Setelah penyelenggaraannya yang kedua pada tahun 1954, pekan olahraga negara-negara Asia ini diselenggarakan setiap empat tahun sekali.

Dari sekian negara yang sudah menjadi tuan rumah Asian Games. Ternyata ada 7 diantaranya menyimpan kesan dan pesan menarik yang tidak dilupakan. Berikut kesan dan pesan menarik Asian Games.

1. Asian Games 1951 – Bangladesh, India

Asian Games pertama kali diadakan pada tahun 1951, dan yang menjadi tuan rumah adalah India. Maskot gajahnya yang bernama Appu kala itu dipercaya melambangkan sifat kesetiaan, kebijaksanaan, dan kekuatan. Setelah Asian Games 1951 sukses berlangsung, Federasi Asian Games pun sepakat untuk menyelenggarakan perhelatan akbar ini setiap empat tahun sekali.

2. Asian Games 1962 – Jakarta, Indonesia

Bukan hanya pengadaan sarana dan pra sarananya saja yang menuai banyak pujian, namun prestasi yang diberikan atlet Indonesia di Asian Games 1962 pun begitu membanggakan. Indonesia sendiri berhasil mengoleksi 21 emas, 29 perak, dan 30 perunggu dengan total 77 medali. Bulu tangkis menjadi satu-satunya cabang olahraga yang menyumbangkan medali terbanyak. Tercatat pada saat itu, bulu tangkis menyumbangkan lima medali, dua perak, dan dua perunggu.

Baca Juga: Tapak Tilas Sejarah Asian Games Jakarta 1962

3. Asian Games 1978 – Bangkok, Thailand

Daftar tuan rumah Asian Games mana yang cukup berkesan? Kisah kedua datang dari Thailand pada tahun 1978. Awalnya, tuan rumah yang ditetapkan saat itu adalah Pakistan. Namun berhubungada konflik antara Pakistan vs Bangladesh, tuan rumah langsung dipindahkan ke Thailand. Meski Thailand sudah 4 kali ditunjuk menjadi tuan rumah, kota Bangkok dinilai paling memadai untuk dijadikan venue Asian Games.

4. Asian Games 2014 – Incheon, Korea Selatan

Korea Selatan dipilih sebagai negara tuan rumah melalui proses yang cukup panjang. Sebelum pemungutan suara berakhir, Incheon menawarkan penawaran yang baru agar secara resmi ditunjung menjadi host Asian Games 2014. Penawaran yang sangat menarik tersebut berupa penerbangan gratis dan akomodasi untuk semua peserta. Dengan begitu, Korea Selatan pun memperoleh suara terbanyak.

About the author

Related Posts