Gadget

30 Inovasi yang Merubah Wajah Dunia pada Tahun 2017

Tahun 2017 mungkin saja menjadi tahun yang sulit. Namun nyatanya tahun ini hadir berbagai penemuan, inovasi dan gawai yang dibuat untuk mengubah dunia menjadi tempat yang lebih baik.

Inovasi tersebut mencakup berbagai bidang, seperti kesehatan, sosial, bantuan kemanusiaan, ilmu pengetahuan dan aktivis. Berikut inovasi yang hadir pada 2017, seperti yang dilansir pada laman Mashable.

1. Mainan Kertas untuk Diagnosis Penyakit
Alat seharga 20 sen yang terbuat dari kertas ini dapat membantu ilmuwan dan dokter untuk mendiagnosis penyakit seperti malaria dan HIV kurang dari satu menit tanpa bantuan listrik. Produk yang diberi nama Paperfuge ini dikembangkan oleh asisten profesor teknik biologi asal Stanford, Manu Prakash. Produk tersebut diinspirasi oleh mainan berputar seperti gasing. Dia bisa menampung sampel darah pada sebuah kepingan, dan dengan menarik seutas tali kedepan dan kebelakang, hal ini akan membuat sampel darah berputar secara cepat yang bertujuan untuk memisahkan darah dari plasma, lalu d siapkan untuk keperluan percobaan suatu penyakit.

2. Lengan robot lunak yang bisa mengembalikan detak jantung
Peneliti dari Universitas Harvard dan Rumah Sakit Anak Boston menciptakan lengan robot lunak yang disesuaikan untuk melapisi jantung yang gagal dan menekannya agar darah bisa mengalir ke seluruh tubuh. Dalam tes yang dilakukan pada babi, alat tersebut dapat membuat jantung hewan tersebut dapat memompa darah kembali.

Inovasi yang masih dalam tahap pengujian ini diharapan dapat digunakan untuk menyelamatkan nyawa manusia. Menurut data Harvard, gagal jantung terjadi pada 41 juta orang di seluruh dunia.

3. Bot penerjemah Facebook untuk pengungsi
Tarjimly adalah bot penerjemah Facebook yang dapat menghubungkan pengungsi dengan penerjemah relawan dimanapun mereka berada. Baik untuk berbicara dengan dokter, relawan bantuan, perwakilan hukum maupun layanan penting lainnya. Pengguna dapat memanfaatkan Messenger Facebook untuk mendapatkan terjemahan secara langsung yang memiliki potensi untuk menyelamatkan jiwa.

4. Kacamata pintar untuk orang buta
ESight 3 adalah perangkat kacamata elektronik yang secara drastis dapat meningkatkan penglihatan orang yang buta secara hukum. Alat tersebut dapat membantu mereka melihat dan melakukan aktivitas sehari-hari dengan mudah.

Perangkat ini cocok dengan mata pengguna dan dilengkapi dengan headset. Alat tersebut menggunakan kamera untuk mengirim gambar ke layar ganda kecil di depan mata. Dua sensor tersebut menyesuaikan fokus, sementara pengendali tangan digunakan untuk zoom dan kontras dan fungsi lainnya. Misalnya bagi pengguna dengan penglihatan 20/400, alat tersebut dapat memperbaiki penglihatan mereka hingga 20/25.

5. Drone cardboard untuk pertolongan kemanusiaan
Laboratorium penelitian dan pengembangan teknik asal San Fransisko, Amerika Selatan bernama Otherlab, mengembangkan alat yang disebut sebagai pesawat kertas industri tercanggih di dunia. Pesawat kardus dibuat dengan bahan biodegradable dan dilengkapi oleh GPS dan peralatan elektronik lainnya. Pesawat memungkinkan menjatuhkan drone kardus tersebut dan menghemat dua pon bahan hemat energi tanpa perlu diambil.

6. Pencetak Organ Seks 3D untuk membantu siswa tuna netra belajar
Holistic, pendidikan inklusif seks sulit dipelajari. Bagi siswa tuna netra, mempelajari hal tersebut menjadi lebih sulit lagi. Inilah alasan advokat dan peneliti di Benetech menciptakan 18 figur 3D berbentuk organ vital dalam keadaan bergairah. Tujuannya agar siswa dapat mempelajari pendidikan seks dengan cara mereka. Benetech bersama LightHouse membuat model untuk Universitas Blind and Nothern Illinios.

Baca Juga : Ibu Hamil Konsumsi 9 Telur per Hari Bisa Bikin Anak Cerdas

7. Layanan Pesan Penghubung Kongres
Tahun 2017 merupakan tahun perlawanan, dimana salah satu cara paling nyata dalam mengambil tindakan adalah menghubungi perwakilan di Kongres. Gunakan Resistbot, layanan sederhana yang dapat membuat seseorang mengirimkan pesan ‘RESIST’ ke nomo 50409 atau pesan bot Facebook yang dapat membantu untuk menemukan anggota Kongres yang tepat dan mengirimkan pesan secara langsung kepaa mereka.

8. Aplikasi tahanan imigran untuk menghubungi keluarga
Aplikasi Notifica membantu imigran tanpa dokumen yang tertangkap untuk mengirimkan pesan sebagai penghubung pertolongan pada keluarga dan teman.

9. Program Ambulance berbentuk Taksi di Tanzania
Vodafone telah mengembangkan inovasi program taksi ambulance di zona danau Tanzania, Amerika Serikat dengan menggunakan ponsel. Program ini membantu ibu hamil untuk dapat memanggil nomor hotline khusus dalam keadaan darurat. Petugas kesehatan kemudian menghubungkan ke jaringan lokal supir taksi yang dapat membawanya ke klinik dengan cepat apabila ambulance tersedia secara terbatas. Supir dibayat oleh organisasi melalui uang elektronik, M-Pesa, sehingga pengguna tidak dikenakan biaya apapun.

10. Aplikasi anak bergerak untuk penyelamat anak
Aplikasi UNICEF Kid Power adalah aplikasi mandiri yang digunakan sebagai program gelang kebugaran yang membantu anak untuk menghitung langkah harian mereka yang kemudian digunakan untuk menyelamatkan anak yang kurang gizi di negara berkembang. Aplikasi ini menghitung langkah anak dimana setiap 2.500 langkah menghasilkan satu poin. Dimana ketika anak mendapat 10 poin, paket makanan terapeutik siap makan (RUTF) akan diberikan melalui UNICEF untuk anak-anak dengan malnutrisi akut.

11. Peta Digital Facebook menolong bantuan bencana
Pada Juni lalu Facebook mengumumkan produk terbaru yang diberi nama ‘disaster maps’. Dengan menggunakan data Facebook di area bencana, informasi untuk mengirim informasi penting pada organisasi bantuan pada saat atau setelah krisis berlangsung. Informasi tersebut seperti mata burung yang dapat memperlihatkan daerah mana, siapa dan bantuan apa yang dibutuhkan.

12. Chatbot untuk menyelamatkan kesehatan mental
Woebot adalah satu dari chatbot pertama yang berguna, menggunakan kecerdasan untuk berbincang, membantu memperbaiki mood dan bahkan mengurangi gejala depresi seseorang. Aplikasi ini bukan sebagai pengganti terapis, namun sebuah penelitian di Universitas Stanford menunjukkan bahwa Woebot mampu mengurangi kecemasan dan depresi yang signifikan diantara pengguna berusia 18-28 tahun.

13. Aplikasi penghubung pengungsi dengan layanan penting
RefAid adalah aplikasi yang menghubungkan pengungsi dengan layanan terdekat di bidang pendidikan, kesehatan, bantuan hukum, dan lainnya yang dekat dengan lokasi. Awalnya aplikasi ini merupakan proek sampingan, namun sekarang digunakan oleh 400 organisasi bantuan di dunia, termasuk Red Cross dan Doctors of the World.

14. Tenda bertenaga surya untuk tuna wisma
Awal tahun ini, 12 remaja asal San Fernando, Kalifornia, Amreika Serikat bergabung pada organisiasi non profit DIY Girls untuk menciptakan tenda bertenaga surya yang dapat dilipat menjadi ransel dan digunakan untuk menampung populasi tunamiswa. Mereka memenangkan hibah sebesar 10 ribu dolar Amerika dari Program Lemelson -MIT untuk mengembangkan tenda tersebut dan mempresentasikan proyek mereka di MIT pada Juni lalu.

Baca Juga : Ibu Hamil Konsumsi 9

15. Aplikasi untuk membantu mengakhiri mutilasi alat kelamin perempuan
Mutilasi alat kelamin wanita (FGM) dialami oleh jutaan wanita dan anak perempuan di seluruh dunia. Di Kenya prosedur tersebut dilarang, namun tetap dipraktekkan dengan alasan budaya, untuk itu lima gadis remaja membuat aplikasi bernama i-Vut untuk melawan.

i-Cut memungkinkan pengguna untuk memberitahu pihak berwenang sebagai tindakan pencegahan dan membuat orang yang selamat mengirim laporan dan menemukan pusat penyelamatan setempat. Aplikasi tersebut mendapatkan tempat di Challenge Technovation 2017 pada bulan Agustus.

16. Aksesoris kacamata untuk orang tuna rungu
Peri adalah aksesoris yang menempel pada kacamata yang digunakan oleh tuna rungu. Alat tersebut mampu menerjemahkan isyarat audio menjadi benda visual. Alat tersebut terinspirasi dari permainan first person shooter, dimana layar bersinar saat karakter terpukul, dimana Peri memberi sinyal ketika ada suara yang keras.

Alat ini dapat membantu tuna rungu dan pengguna yang sulit mendengar. TIdak hanya digunakan sebagai pengingat namun juga untuk menghindari situasi berbahaya dengan lebih mudah.

17. Alat yang mengubah kekuatan ekstra komputer sebagai uang jaminan
Bail Bloc dibuat oleh sebuah tim di The New Inquiry, dimana daya cadangan pada komputer dapat membantu memberikan kontribusi pada dana jaminan masyarakat, dimana nantinya daat membantu orang yang berada di penjara dan keluarga mereka yang tidak mampu membayar uang jaminan.

Bail Block menggunakan kekuatan untuk menambah sebuah kripto yang disebut Monero yang nantinya diubah menjadi dolar dan disumbangkan untuk Dana Kebebasan Bronx dan Proyek Bail. TIdak perlu pengetahuan kriprokokus, yang dibutuhkan hanyalah menjalankan program di komputer.

18. Permainan baca tulis braile untuk anak
Read Read adalah perangkat pembelajaran inovatif yang mengajarkan orang buta dan orang dengan penglihatan rendah untuk membaca huruf braille. Setiap papan memiliki huruf braille dicetak dengan logam untuk disentuh. Alat tersebut juga dapat membaca huruf dengan keras bersamaan dengan banyak titik dalam papan tersebut. Alat ini dapat membantu mendengar kata yang dipelajari pengguna.

19. Kursi roda tenaga udara untuk anak
Morgan Inspiration Island adalah water park terbaru di San Antonio, Texas, Amerika Serikat yang dirancang khusus untuk anak-anak penyandang cacat. Tempat wisata tersebut bekerja sama dengan Universitas Pittsburgh untuk mengembangkan PneuChair, sebuah kursi roda bertenaga udara yang tahan air dan hanya membutuhkan waktu 10 menit untuk mengisi baterai.

20. Mainan edukasi gender pertama
Sam, adalah boneka susun dimana setiap lapisan menunjukkan tahap yang berbeda dari pertanyaan dan penjelasan mengenai gender. Dibuat oleh Gender Creative Kids Kanada, bineka tersebut disebut-sebut sebagai mainan transgender pendidikan pertama di dunia. Sam dirancang untuk mengedukasi amak dan keluarga mereka mengenai transgender. Gender Creative Kids juga meluncurkan Kickstarter untuk mainan tersebut dan merilis e-book dan video untuk mengenalkan Sam kepada dunia.

21. Robot pengacara untuk masyarakat berpenghasilan rendah
Chatbox DoNotPay memberikan bantuan hukum gratis untuk epngguna yang memiliki masalah. Termasuk membantu pengungsi mengajukan permohonan suaka, membimbing orang untuk melaporkan pelecehan di tempat kerja dan membantu melawan perusahaan yang mencoba memanfaatkan mereka.

22. Celana dalam untuk haid
Sebuah perusahaan bernama Pyramid Seven meluncurkan merek pakaian dalam haid bagi para pria transgender. Setiap pasang celana pendek memiliki bantalan tambahan didalamnya untuk menahan darah. Karena tingginya permintaan, celana dalam tersebut cepat habis terjual.

23. Terapi gen revolusioner untuk kanker
Kymariah adalah terapi gen baru yang disetujui FDA dari sebuah perusahaan obat, Novartis. Terapi tersebut merupakan bagian dari kelas terapi baru yang disebut Car-T. Dimana dibuat dengan menggunakan sel T untuk melawan penyakit pasien dan melakukan rekayasa genetika untuk menargetkan protein dalam sel kanker serta mengganti sel kanker dan mengeluarkannya.

Harganya tidak murah, dibandrol 475 ribu dolar Amerika. Namun hasilnya, 83 persen pasien bebas kanker setelah tiga bulan menggunakan satu dosis.

24. Pompa ASi tanpa dipegang
Willow adalah alat pompa ASI yang dapat bekerja tanpa menggunakan tangan dan tidak berisik. Seseorang dapat menggunakan dua buah pompa yang disimpan dalam bra, sehingga dapat digunakan secara bijaksana dan memungkinkan seseorang untuk melakukan aktivitas lain.

25. Kursi roda yang memungkinkan penggunanya untuk berdiri
Laddoroller adalah kursi roda yang dapat membantu penggunanya berdiri. Dirancang oleh arsitek asal Yunani, Dimitrios Petrotos, Laddroller menggunakan empat roda dan dapat melalui medan kasar. Setelah 13 prototipe, kini Laddoller tinggal menunggu persetujuan untuk masuk ke pasaran.

26. Tiang infus portable
IV Walk adalah bentuk ulang dari tiang infus tradisional untuk memberikan fleksibilitas dan jangkauan yang lebih luas bagi penggunanya. Dirancang oleh Alissa Rees, seseorang yang didiagnosis menderita Leukimia pada usia 19 tahun dan terikat dengan tiang indus selama berminggu-minggu.

“Menstimulasi mobilitas dengan menggunakan IV Walk dapat mempercepat pemulihan. Selain itu memegang tiang adalah cara yang tidak menyenangkan untuk memperlihatkan diri apda teman atau keluarga. Cara berpenampilan diri di rumah sakit dalam waktu yang lama menjadi sangat penting.

27. Gerobak Air Bertenaga Surya
Watt-r adalah gerobak air bertenaga surya yang digunakan untuk wanita dan anak-anak. Di negara berkembang sering kali mereka bertugas untuk mengumpulkan air bagi keluarga mereka. Meski masih dalam masa pengembangan, namun gerobak tersebut dapat membawa belasan jeriken 20 liter sekaligus dan tenaga surya akan membuat gerobakk tersebut bergerak.

28. Pakaian dalam yang membesar sesuai pertumbuhan anak
Petit Pli adalah pakaian yang dapat tumbuh seiring dengan pertumbuhan anak. Dengan menggunakan teknologi ekspansi dan pertumbuhan, pakaian dalam tersebut tahan air, ringan dan didesain untuk semua gender. Pakaian dalam tersebut dapat memungkinkan untuk besar hingga tujuh ukuran lebih tinggi. TIdak hanya untuk mengurangi sampah, tapi juga dapat menghemat pengeluaran keluarga untuk pakaian dalam baru.

29. Hijab olah raga profesional Nike
Nike tahun ini meluncurkan Nike Pro Hijab di seluruh dunia. Gagasan perusahaan tentang, jika anda memiliki tubuh, maka anda adalah seorang atlet menjadi alasan perusahaan membuat pakaian ini. Bekerja sama dengan atlet profesional yang menggunakan hijab, produk yang terbuat dari jaring single ini mudah melar dan dapat diseuaikan dengan olahraga apapun.

30. GPS untuk telur penyu
Lembaga konservasi margasatwa non profit, Paso Pacifico menuturkan bahwa pemburu liar di Amerika Tengah telah menghancurkan 90 persen sarang penyu terancam punah untuk dijual secara tidak sah. Untuk itu organisasi tersebut membuat “InvesEGGator Sea Turtle Eggs” telur cetak dengan GPS yang digunakan untuk melacak pemburu dan mengungkapkan rute penyelundupan. Dengan telur tersebut dapat membantu Paso Pacifico dan pihak berwenang untuk menghentikan kejahatan satwa liar. (rol)

About the author

Related Posts