makanan-indonesia-termahal-di-dunia
Food

Inilah 3 Makanan Indonesia Termahal di Dunia

Toptier.id – Mungkin ini adalah sebuah fakta mengejutkan, karena ternyata Indonesia memiliki makanan termahal di dunia. Harga makanan tersebut sangatlah tinggi saat di jual harganya melambung tinggi karena faktor kelangkaan makanan tersebut.

Dan inilah makanan termahal dari Indonesia :

1. Kopi Luwak

Kopi ini adalah produk asli dari Indonesia, dan mulai juga diproduksi di Filipina dan sebelah selatan India. Kopi Luwak adalah kopi paling mahal di dunia. Harganya beragam antara 3,3 juta hingga 16 juta rupiah per kilogram. Kopi ini terkenal karena citarasa yang tak ada duanya. Anda tahu, kopi ini sebenarnya berasal dari biji kopi yang dikeluarkan bersama kotoran musang liar.

 

2. Sup Sarang Walet

Hampir seluruh sarang burung ini berbahan air liur walet, tanpa ada tambahan bahan lain. Konsekuensinya, sarang mereka jadi hidangan lezat dalam masakan Cina. Di luar negeri, biaya yang harus dikeluarkan untuk kelezatan ini sekitar 40 juta rupiah per kilogram.

Ini alasan mahalnya harga sepiring sup sarang burut walet: Mengambil sarang burung walet sering harus mempertaruhkan nyawa. Burung ini membuat sarangnya diatas tebing terjal, dimana resiko terjatuh sangat tinggi. Salah satu pemasok utama sarang burung walet di dunia adalah dari Indonesia.

3. Ayam Cemani

Ayam Cemani adalah jenis ayam asli Indonesia. Ayam cemani mulai diternakkan, namun karena isu flu burung, ekpor ayam ini masih belum bisa dilakukan. Jenis ayam ini sangat langka dan berharga selangit. Satu ekor ayam hitam legam ini dihargai sekitar 2,5 juta rupiah. Di luar negeri harganya bisa melambung hingga puluhan juta rupiah. Konon, seluruh badan ayam ini berwarna hitam, termasuk bulu, paruh, kulit, daging dan tulangnya.

Recommended Article :

  1. 5 Makanan Khas Lombok Yang Harus Dicoba Traveller
  2. Mengintip Keindahan Pulau Sarwana
  3. Keindahan Wisata Belitung Yang Memikat
  4. Lebih Mengenal Budaya Sumatera Selatan

About the author

Related Posts