pulau harapan
Tourism

3 Alasan Kenapa Pulau Harapan Harus Masuk Destinasi Wajib Dikunjungi

Ada tiga alasan utama bagi sebuah pulau untuk disebuat sebagai sebuah destinasi wisata yang layak dikunjungi. Pertama, Pemandangan saat sunset atau sunrise, kedua kondisi alam yang masih asri, ketiga alam bawah laut yang ciamik. Dan, Pulau Harapan mempunyai itu semua.

Anda pecinta pantai? Jika iya, pasti waktu senja saat matahari terbenam menjadi sebuah target keindahan yang selalu ingin didapat. Hampir semua pantai bisa memberikan pemandangan sunset yang spektakuler, tak terkecuali Pulau Harapan.

Kita cukup beruntung tinggal di Indonesia. Indonesia yang memiliki wilayah perairan yang luas menjanjikan banyaknya pantai-pantai yang siap melahirkan pemandangan sunset yang indah. Pemandangan matahari terbenam di pantai memang ibarat harta karun yang menjadi incaran banyak orang. Buat pecinta fotografi juga pasti akan berusaha mendokumentasikan keindahan ini melalui lensa kamera mereka.

Dalam pencarian dunia maya banyak pantai di Indonesia masuk dalam katagori tempat yang paling cocok untuk melihat sunset, namun tidak ada satu pun yang memasukan Pulau Harapan dalam daftar. Padahal pulau yang masuk dalam gugusan Kepulaun Seribu ini memiliki sunset yang tak kalah indah. Setidaknya di mata saya sebagai penikmat alam.

Ada beberapa alasan kenapa Sunset Pulau Harapan layak menjadi salah satu target untuk didatangi para pencinta wisata pantai. Pertama; adanya aktifitas nelayan saat matahari terbenam. Sebagai pulau berpenduduk, Harapan memang tak lepas dari aktifitas keseharian penduduk lokal yang kebanyakan sebagai nelayan. Nah, matahari terbenam selalu dibarengi dengan aktifitas nelayan. Sehingga tak heran jika sering melihat perahu nelayan wara-wiri saat senja.

Dengan latar belakang matahari terbenam, melihat nelayan di perahu saat pulang melaut menjadi sebuah pemandangan yang tak biasa. Dan, hal ini bagi sebagian orang menjadi renungan. Bahwa dibalik senja selalu ada harapan untuk hari esok yang lebih baik.

Alasan kedua; jarak yg dekat. Pulau Harapan, adalah salah satu pulau yang lokasinya berada di Kepulauan Seribu bagian Utara. Pulau Harapan juga menjadi salah satu pulau yang dihuni oleh penduduk di Kepulauan Seribu.

Menuju Pulau Harapan hanya dapat ditempuh dengan menggunakan Kapal Fery atau Kapal penyebrangan. Ada dua Dermaga di Jakarta yang tersedia untuk melayani penyebrangan ke Pulau Harapan, yaitu Dermaga Kali Adem atau Muara Angke dengan Kapal Fery Tradisonal dan Dermaga Marina Ancol yang menyediakan Kapal Cepat (Speed Boat).

Baca Juga : 6 Tempat Tersembunyi di Jakarta yang Instagramable

Kapal Fery, kapal kayu atau kapal tradisional kapasitas 150-250 penumpang. Bertolak dari Muara Angke setiap hari pukul 07.00 – 07.30 pagi, durasi perjalanan selama 3 jam.dengan tarif Rp 50.000 / orang.

Sedangkan kapal cepat, adalah kapal reguler (shuttle boat) yang diberangkatkan dari Dermaga Marina Ancol setiap hari pukul 8.00 pagi. Kapal yang di gunakan adalah speed boat, hanya butuh waktu 1,5 jam untuk dapat sampai di Pulau Harapan Kepulauan Seribu Utara. Tarif Kapal Cepat Weekday : Rp 200.000 / orang, semnatar saat akhir pekan tarifnya Rp 250.000 / orang.

Alasan ketiga; Kondisi alam yang asri. Meski dengan jumlah penduduk yang lumayan padat, Pulau Harapan masih nampak natural dan elok dibanding pulau penduduk lainnya yang berada di Kepulauan Seribu seperti Pulau Tidung, Pulau Pari, Pulau Panggang, Pulau Pramuka dan pulau lainnya.

Kondisi alam disekitar Pulau Harapan pun masih terjaga keasriannya dengan baik, sehingga kita masih dapat menyaksikan puluhan spesies biota laut seperti terumbu karang dan ikan yang banyak dijumpai oleh pengunjung ketika momen snorkeling.

Bicara snorkeling, karena letaknya berdekatan dengan pulau-pulau lainnya. Spot snorkeling di pulau Harapan pun patut diacungi jempol.

Keindahan bawah laut tak pernah gagal menyedot daya tarik. Kumpulan aneka bentuk terumbu karang yang memukau, dilengkapi berbagai jenis ikan laut yang meliuk cantik di sekelilingnya, dalam dekapan lautan lepas selalu sukses memanjakan mata dan hasrat. Terumbu karang di sekitar Pulau Harapan memang tak sedemikian berwarna-warni, namun bentuknya yang beraneka ragam dan unik cukup memikat hati.

Besarannya yang berbeda-beda pun memberikan sentuhan keindahan tersendiri.Jenis terumbu karang yang paling memikat tim Tour de Java ketika snorkeling di sana ialah karang otak.Terumbu karang yang termasuk dalam genus Platygyra ini amat unik lantaran bentuknya mirip dengan otak manusia. Jika beruntung, saat snorkeling, Anda dapat menyaksikan karang otak dengan bentuk bundar sempurna seperti bola. Karang otak dengan dominasi warna cokelat itu berdiri anggun nan cantik di antara hamparan terumbu karang lainnya.

Meski tampak cantik dengan sentuhan warna jingga hingga merah, karang api cukup berbahaya lantaran dapat menyebabkan kulit terasa seperti terbakar dan melepuh ketika mengenainya.Selain itu, beberapa jenis terumbu karang lainnya dapat pula Anda temui dan nikmati keindahannya.

About the author

Related Posts