Entertainment

15 Istilah yang Hanya Diketahui Artinya oleh Karyawan Google

Google adalah sebuah perusahaan sekaligus brand di internet ternama di dunia. Sejak didirikan pada tanggal 04 September 1998 lalu, sampai sekarang, Google tercatat sebagai salah satu perusahaan dengan penghasilan tahunan terbesar di dunia.

Tentunya, dari berdiri sampai sekarang ini, ada banyak sekali fakta-fakta menarik yang mengiringi tumbuh dan berkembangnya Google menjadi sebuah perusahaan besar.

Salah satunya adalah ternyata di Google punya berbagai istilah aneh yang hanya diketahui karyawannya.

Mengutip laman Business Insider Singapore, Kamis (25/1/2018), berikut adalah 19 istilah internal yang kerap digunakan oleh sesama karyawan Google.

1. Plex

Markas Google yang berada di Mountain View, California, Amerika Serikat sering disebut sebagai kampus Googleplex. Nah, Plex merupakan sebutan singkat untuk kantor Google tersebut.

2. GBike

Tahukah kamu, saking besarnya Googleplex, Google menyediakan sepeda sebagai moda transportasi. Nah, sepeda-sepeda ini biasa disebut GBike.

3. Stan

Stan adalah nama untuk patung tulang T-Rex raksasa yang ada di GooglePlex. Apa hubungan patung tulang dinosaurus dengan Google? Rupanya, keberadaan Stan di sana untuk mengingatkan, perusahaan tak akan pernah boleh menjadi seperti dinosaurus yang kini tinggal fosil.

4. Noogler

Tahukah kamu, karyawan Google biasa disebut Googlers? Nah, sebutan untuk karyawan baru di Google adalah Noogler yang berarti “new Googler.”

Mereka yang tergabung dalam Noogler biasanya mengenakan topi berwarna warni tanda sebagai karyawan baru.

5. TGIF

Di Google, TGIF bukan berarti Thank God It’s Friday melainkan nama meeting rutin yang berlangsung Thursday alias hari Kamis.

Pertemuan ini mulai dilakukan sejak awal Google berdiri. Kini, meeting ini adakan di seluruh kantor Google di dunia, termasuk diikuti juga oleh karyawan yang baru menerima topi Nooglers mereka.

6. Googlegeist

Googlegeist bukanlah hantu-hantu di Google, melainkan survei tahunan di Google. Saat itu, para karyawan diminta menilai atasan atau kehidupan kantoran di Google.

Jika karyawan-karyawan di perusahaan lain enggan untuk mengisi survei semacam ini, lebih dari 90 persen Googlers mengisi survei ini tiap tahunnya.

7. GUTS

GUTS adalah akronim dari Google Universal Ticketing Systems, di mana para Googlers mengajukan tiket tentang permasalahan yang bisa dilacak perusahaan, jadi semacam sistem internal 311 di Google

8. Gayglers

Perlu kamu ketahui, Google adalah satu perusahaan teknologi dunia yang mendukung LGBT. Mereka juga memiliki komunitas bernama Gayglers, yakni kumpulan karyawan gay atau pendukung LGBT.

9. Greyglers

Apa lagi itu Greylers? Karena rata-rata karyawan Google berusia muda, karyawan Google berusia 40 tahun disebut sebagai Greyglers. Kemungkinan hal ini karena sebagian besar karyawan di atas 40 tahun rambutnya sudah berwarna abu-abu alias Grey.

Baca Juga : Daftar Hal yang Dilarang Dilakukan Saat Charge HP

10. Xoogler

Karyawan Google yang meninggalkan perusahaan, misalnya karena mengundurkan diri dijuluki Xoogler (dibaca Zoogler). Xoogler adalah singkatan dari eks-Googler.

Xoogler juga memiliki website, yakni xoogler.co sebagai tempat berkumpulnya alumni Google.

11. Doogler

Markas pusat Google yang luas membuat karyawan Google boleh membawa binatang peliharaan mereka ke area kantor. Nah, salah satu binatang paling banyak dibawa adalah anjing, baik karyawan maupun anjing yang dibawa biasanya disebut Doogler.

12. Jewglers

Jewglers merupakan kudapan alias makanan manis yang biasa tersedia di markas Google. Selain manis, warnanya pun disesuaikan dengan logo warna Google, yakni biru, hijau, merah, dan kuning.

13. Brewgler

Para karyawan yang menyukai minuman bir tergabung dalam kelompok bernama Brewgler. Mereka biasanya saling memberi rekomendasi kedai bir yang recommended atau bahkan hangout bersama-sama.

14. Fixlts

Fixlts adalah istilah yang digunakan saat engineer Google berhasil menyelesaikan permasalahan teknis mereka.

15. Tech Stop

Kalau di kantor kamu jaringan internet lemot atau komputer bermasalah siapa yang kamu hubungi? Tentunya tim IT. Nah di Google juga begitu, tim IT di sana dikenal dengan nama Tech Stop.

Biasanya mereka memperbaiki masalah pada komputer milik karyawan Google. Sebagai pegawai IT di Google, tentunya standar IT di sana sangatlah tinggi.

About the author

Related Posts