pernikahan bobby-kahiyang
Entertainment

14 Fakta Unik Pernikahan Kahiyang – Bobby

Hari bahagia yang ditunggu-tunggu putri Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kahiyang Ayu, akhirnya tiba. Rabu (7/11/2017), Kahiyang resmi dipersunting kekasihnya, Muhammad Bobby Afif Nasution.

Acara akad nikah dan resepsi berlangsung di Gedung Graha Saba Buana, Sumber, Banjarsari, Solo. Berikut 23 fakta seputar pernikahan putri semata wayang Presiden Jokowi tersebut.

1. Foto Prewedding
Lokasi: Candi Borobudur (Magelang), Situs Warung Boto, Umbulharjo (Jogja), Hyatt Regency Hotel (Sleman), dan Bali

2. Prosesi
Prosesi adat Jawa jangkep mulai wilujengan, siraman, midodareni, ijab kabul, panggih, hingga resepsi. (Baca: Foto-Foto Suasana Siraman hingga Midodareni Pernikahan Kahiyang-Bobby)

3. Tamu
Lebih dari 8.000 orang diundang dalam acara pernikahan akbar ini. Malam midodareni didatangi para sukarelawan Jokowi. Akad nikah Kahiyang-Bobby dengan tamu terbatas.
Resepsi siang pukul 11.00 WIB-13.00 WIB dihadiri tamu VIP dan VVIP seperti dari negara sahabat, perwakilan kedubes, Wapres, Ketua DPR, Ketua MPR, dan menteri, dan sebagainya. Resepsi malam pukul 18.30 WIB-21.00 WIB dihadiri tamu undangan umum dan sukarelawan Jokowi.

4. Akad Nikah
Presiden Jokowi menikahkan sendiri putrinya dengan petugas Kepala KUA Banjarsari, Basir.

5. Saksi
Wapres Jusuf Kalla menjadi saksi dari mempelai perempuan, sementara Menko Perekonomian Darmin Nasution menjadi saksi dari mempelai laki-laki.

6. Pembaca doa nikah
Doa pernikahan akan dibacakan oleh Haidar Nasir.

7. MC atau Pambiwara
Ada lima orang dengan pembagian tugas sebagai berikut:– Widarsi Suranto (siraman dan malam midodareni)– Umijatsih (panggih dan resepsi siang)– Slamet Aby (akad nikah dan resepsi siang)– Sarie Nugraha (resepsi malam)– Tauviq M. Widodo (siraman pengantin pria di Hotel Alila dan resepsi malam).

Baca Juga : Spot Background Wajib Buat Selfie

8. Perias
Endang Soendari Soemaryono bertugas merias pengantin dengan gaya Solo Putri pada prosesi: siraman, malem midodareni, ijab panggih atau akad nikah, hingga resepsi.– Perias lain Sawaliyah Waloeyo, Conny Wulandari, Topobroto, dan Santi mendapat tugas merias keluarga inti presiden dan besan.

9. Makanan
Satai kere dari PKL Tugiyem di Jalan Arifin, Kelurahan Kepatihan Wetan, Jebres, Solo. Markobar menyediakan 1.100 loyang terdiri atas 600 loyang martabak manis delapan rasa antara lain cokelat, selai, green tea, dan parutan cokelat dan 500 loyang martabak telur krispi. Martabak dimasak di lokasi.Berbagai makanan lainnya seperti gudeg, setup makaroni, daging kambing, dan sebagainya.

10. Busana
Busana untuk pernikahan Kahiyang-Bobby disediakan oleh Rumah Mode Chili Kebaya dan Tuty Adib.

11. Alas kaki
Rumah Sepatu Winna, Cinderejo Lor, menyiapkan selop untuk Kahiyang dan Bobby, Jokowi, dan anggota keluarga lainnya. Selop memakai bahan beludru dengan hiasan payet sederhana dan alas kaki berbahan imitasi warna emas.Kahiyang memakai selop high heels setinggi 5 cm. Sedangkan selop milik Jokowi, dan putra-putranya berwarna hitam polos. Bahannya kulit sapi dengan alas beludru.

12. Dekorasi
Asmoro Decoration menyiapkan konsep gebyok dikolaborasikan warna putih dan merah marun ditambah unsur wayang agar kelihatan lebih bernuansa Jawa. Ruangan Graha Saba Buana juga akan dilengkapi banyak hiasan dari bahan bunga dari berbagai jenis, seperti casablanca, anggrek, mawar, hingga sedap malam.

13. Photo Booth
Ada dua photo booth di teras Graha Saba Buana dengan properti antik. Photo booth dilengkapi dua tokoh wayang Kamajaya dan Kamaratih yang menjadi simbol kesetiaan. (Baca: Perhatikan, Ini Rute Iring-Iringan Kereta Kencana Calon Suami Kahiyang)

14. Penerima Tamu
Saat resepsi, Lurah Sumber, Lurah Banyuanyar, Lurah Manahan, Kepala Bappeda dan mantan ajudan Jokowi menjadi among tamu. Sekitar 50 polwan dan prajurit TNI bertugas sebagai pagar ayu dengan memakai pakaian adat.

About the author

Related Posts