Tourism

10 Spot Foto Surabaya yang Super Kece

Spot foto Surabaya yang instagrammable tidak hanya di Jembatan Suramadu saja. Masih banyak destinasi-destinasi lain yang bisa Kamu jadikan sebagai spot untuk memperbaiki feed instagram.

Surabaya menjadi kota terbesar ke-2 di Indonesia dan terkenal sebagai kota industri. Padahal, Surabaya juga mempunyai beberapa tempat wisata yang tidak kalah bagusnya dengan kota-kota lain seperti Bandung dan Malang. Wisatanya pun beraneka ragam, dari museum, taman, wisata kuliner, dan wisata alam.

Berikut adalah spot-spot foto di Surabaya selain Jembatan Suramadu yang bisa Kamu kunjungi;

1. DIPO LOKOMOTIF SIDOTOPO

Tempat ini mirip dengan stasiun, tapi bukan stasiun sungguhan. Dipo Lokomotif Sidotopo adalah bengkel kereta api, sekaligus peristirahatan gerbong-gerbong yang sudah nggak terpakai. Itulah yang membuat lokasi ini jadi eksotik untuk dijadikan obyek foto. Sayangnya, Dipo Lokomotif Sidotopo bukanlah obyek wisata yang bebas dikunjungi wisatawan, tapi kamu bisa meminta izin terlebih dahulu ke orang-orang yang menjaga lokasi itu. Jika kamu punya ID press media, prosesnya akan lebih mudah. Dipo Lokomotif Sidotopo berlokasi di jalan Sidotopo Wetan, Kenjeran.

2. HUTAN BAMBU

Hutan Bambu di Surabaya ini mengingatkan kita akan indahnya Hutan Bambu Sagano di Jepang. Kalau kamu penasaran, langsung aja datang ke Hutan Bambu ini di dekat Terminal Keputih, jalan Keputih Tegal, Sukolilo. Tadinya, hutan ini digunakan sebagai tempat pembuangan akhir (TPA), tapi setelah TPA Surabaya dipindahkan ke Benowo, Hutan Bambu pun diubah jadi lahan hijau dan asri. Yang bikin tempat ini menarik adalah keindahan bambunya dan jarang dilalui oleh banyak orang, sehingga kamu bebas untuk foto-foto di sana.

3. TAMAN SAKURA

Nggak jauh dari Hutan Bambu, ada Taman Sakura atau yang biasa disebut Taman Harmoni. Taman Sakura tadinya adalah gundukan sampah di daerah Keputih yang disulap oleh Ibu Risma (Walikota Surabaya) menjadi taman yang sangat indah. Sesuai dengan namanya, taman ini memiliki tumbuhan khas Jepang yaitu bunga Sakura. Meskipun nggak sebagus Sakura di Jepang, tapi banyak yang suka dengan Taman Sakura.

Nggak hanya bunga Sakura, tapi ada beragam jenis bunga lainnya yang ditanam di Taman Sakura, seperti bunga Jakaranda, Pagoda, Tabebaya, Bungur, dan lain-lain, sehingga menghasilkan pemandangan bunga yang berwarna-warni. Bunga-bunga tersebut dikelompokkan menjadi beberapa blok dan dipisahkan sesuai warna.

4. HUTAN MANGROVE WONOREJO

Sama seperti Jakarta, Surabaya juga punya Hutan Mangrove di jalan Raya Wonorejo No. 1, Rungkut. Tempat ini seringkali dimanfaatkan fotografer untuk mengambil foto landscape. Jika beruntung, kamu bisa menangkap momen burung liar yang sedang bermigrasi. Jalan setapak di Hutan Mangrove Wonorejo dibangun dari papan-papan kayu, jadi terlihat eksotik untuk difoto.

5. HUTAN MANGROVE GUNUNG ANYAR

Selain di Wonorejo, Surabaya juga punya Hutan Mangrove yang lain, yaitu di Gunung Anyar, berada sekitar 2 km dari arah timur kampus UPN Veteran Surabaya. Tempatnya masih sangat alami, meskipun secara resmi masih terletak di kota besar. Jika beruntung, kamu bisa melihat berbagai jenis binatang liar di sana, seperti monyet ekor panjang dan berbagai spesies burung.

6. JALAN GULA

Jalan Gula merupakan salah satu spot di kawasan Kota Tua Surabaya dari dulu menjadi pusat perdagangan kaum Tionghoa. Di sekitarnya juga banyak terdapat kelenteng dan bangunan tua yang masih terjaga keasliannya. Di sana terdapat gang sempit di antara bangunan tua yang jadi lokasi hunting favorit karena nuansanya sangat vintage. Kamu juga bisa sekalian menyewa sepeda tua di sana untuk sekadar main sepeda atau untuk obyek foto.

Baca Juga : 10 Kuliner Kaki Lima Legendaris di Bogor

7. HOUSE OF SAMPOERNA

Kalau nuansa vintage di Jalan Gula cenderung klasik, berbeda dengan House of Sampoerna yang lebih bergaya modern. Baik area indoor maupun outdoor, sama kecenya. Untuk indoor, kamu bisa berfoto di museumnya (hanya untuk lantai satu) dan art gallery di ruangan terpisah. Sebenarnya bisa juga foto di resto, tapi harus membayar retribusi sebesar Rp 500 ribu* berupa voucher makan di situ. Untuk outdoor, banyak sekali dekorasi artistik, seperti pagar hijau, bangku taman, jendela-jendela, dan lain sebagainya. House of Sampoerna berada di jalan Taman Sampoerna No. 6.

8. BENTENG GUDANG PELURU

Benteng Gudang Peluru masih satu daerah dengan Jembatan Suramadu, tepatnya di daerah Kedung Cowek. Benteng Gudang Peluru adalah benteng yang merupakan warisan tentara Jepang yang digunakan untuk menghalau serangan kapal musuh yang mendekati Pantai Surabaya. Di sekitarnya banyak pemandangan dan obyek menarik untuk diabadikan.

9. KEBUN BIBIT WONOREJO

Surabaya memang terkenal akan keindahan taman-tamannya. Selain Taman Sakura, taman yang pas untuk dijadikan obyek foto adalah Kebun Bibit Wonorejo yang terletak di Jalan Kendalsari, Wonorejo, Rungkut. Jangan keliru dengan Kebun Bibit yang terletak di daerah Jalan Manyar, pasalnya tempat ini jauh berbeda dengan yang ada di daerah Jalan Manyar.

Di lokasi ini ada banyak tempat bermain untuk anak-anak dan yang paling keren nih, ada danau yang terletak tepat di pusat taman. Sebelumnya, area ini hanyalah area pembibitan berbagai tanaman untuk memenuhi kebutuhan penghijauan kota. Kawasan ini kemudian direvitalisasi dan dimaksimalkan fungsinya sebagai hutan kota.

10. MAKAM KEMBANG KUNING

Di Makam Kembang Kuning, kamu akan menemukan kecantikan tersembunyi di komplek pemakaman orang Belanda. Jadi, jika kamu pintar mencari angle foto, kamu akan mendapatkan foto yang unik. Jika penasaran ingin hunting foto di sana kamu bisa ke jalan Pakis, Kecamatan Sawahan

About the author

Related Posts