10 Makanan Tradisional Bandung Yang Enak
Food

10 Makanan Tradisional Bandung Yang Enak

Selain memiliki tujuan wisata yang lengkap untuk anak-anak juga memiliki surga kuliner yang tak pernah habis-habisnya, Bandung merupakan pusat mode juga pusat kreasi makanan murah tapi enak yang selalu menjadi trend dari ibukota hingga ke pelosok berbagai daerah di Indonesia.

Saat kalian ke Bandung, ada beberapa kuliner yang wajib kalian coba. Selain soal rasanya yang enak, kuliner Bandung juga akan memberikan kalian inspirasi bisnis dalam bidang kuliner. Kuliner Bandung merupakan hasil karya insan muda Bandung yang kreatif dan jeli terhadap kebutuhan warga akan makanan murah tapi enak.

Berikut adalah rangkuman Travel Blog Reservasi tentang 12 Kuliner Bandung Murah Tapi Enak yang sayang untuk kalian lewatkan. Masih ada waktu liburan akhir pekan dan liburan tahun baru 2016 untuk berwisata kuliner berkeliling Bandung.

1. Batagor

Batagor Bandung ini sebuah singkatan dari Baso Tahu Goreng. Ya, rasa ikan tenggirinya memang sangat terasa sekali. Kuliner khas Bandung ini bisa kamu dapatkan bukan hanya di Bandung saja. Di Jakarta pun sudah banyak penjaja Batagor Bandung. Batagor yang cukup populer di Bandung seperti Batagor Ihsan, Batagor Riri, Batagor Kingsley juga Batagor Terminal Dago Bandung. Batagor Bandung bisa juga dijadikan sebagai oleh-oleh kuliner dari Bandung. Beberapa penjual Batagor Bandung biasanya menyediakan besek dari Bambu agar Batagor tetap enak dinimkati saat tiba dirumah.

2. Siomay

Siomay Bandung merupakan jajanan murah meriah. Di beberapa daerah saja sudah cukup banyak penjual siomay Bandung. Kuliner lezat ini biasanya berisi siomay kulit, siomay tahu putih, siomay tahu cokelat, terkadang juga ditambahkan sayuran seperti pare, gulungan kol putih dan kentang. Jika ingin lebih istimewa lagi biasanya bisa juga ditambahkan dengan rebusan telur ayam. Taburan bumbu kacangnya sangat sedap sekali. Enak dinikmati ditengah udara dingin kota Bandung.

3. Cilor

Cilor adalah sajian kuliner sederhana terbuat dari tepung aci. Tak berbeda jauh dengan cilok. Hanya saja Cilor disajikan dengan cara digoreng. Beberapa pedagang Cilor menjual Cilor dengan cara mencampurkan dengan kuning telur kemudian digoreng. Hasilnya Cilor seperti sate bulat-culat dengan rumbai-rumbai dari kuning telurnya. Lebih nikmat lagi jika disantap dengan bumbu pedas atau bumbu kacang yang istimewa.

 

4. Cilok

Jika Cilor digoreng berbeda dengan Cilok kakaknya yang sudah sejak dahulu muncul. Cilok juga merupakan kuliner sederhana yang nikmat disajikan saat masih panas panas. Cilok berbehan utama tepung aci. Beberapa cilok sudah dimodifikasi dengan berbagai isian. Biasanya ada yang berisi daging cincang hingga oncom yang pedas. Cilok sangat nikmat jika disantap dengan bumbu saus pedas atau hanya dengan menggunakan bubuhan kecap manis saja yang pas buat anak-anak.

5. Roti Bakar

Roti Bakar Bandung sangat dikenal nikmat. Roti Bakar Bandung menggunakan roti yang berbeda bukan menggunakan roti tawar biasa. Kini Roti Bakar Bandung sudah dimodifikasi dengan berbagai rasa yang mengikuti perkembangan zaman. Misalnya seperti cokelat ovamaltine, green tea atau cokelat nutella yang tiada duanya. Roti Bakar Bandung yang nikmat dipanggang di bara api, namun ada juga yang menggunakan pemanggangan biasa diatas kompor. Roti Bakar Bandung sangat cocok dinikmati dengan segelas susu murni Lembang khas Bandung.

6. Kupat Tahu

Kupat Tahu Bandung banyak yang berasal dari Singaparna. Berbeda dengan kupat tahu Magelang yang bercita rasa manis. Kupat Tahu Singaparna di Bandung memilki rasa yang gurih dan cenderung asin. Kupat Tahu Bandung yang nikmat biasa mangkal di seputaran Pasar Simpang Dago atau didepan Rumah Sakit Mata Cicendo, dekat dari Stasiun Kereta Api Bandung.

 

7. Mie Yamin

Mie Yamin Bandung sangat terkenal enaknya. Menurut beberapa orang yang pernah merasakannya Mie Yamin tidak berbeda dengan Mie Ayam. Padahal jika ditelisik lebih dalam lagi, Mie Yamin Bandung menggunakan mie yang sedikit berbeda. Mie Yamin Bandung bisa dipesan dengan rasa manis atau asin. Jika kalian memesan Mie Yamin sebaiknya tdak mencapur kuah basonya. Karena sensasi rasa Mie Yaminnya akan berbeda.

8. Mie Kocok

Mie Kocok Bandung salah satu sajian kuliner yang tidak boleh kalian lewatkan juga. Mie Kocok menggunakan mie yang berbeda dengan mie ayam. Mie Kocok mienya lurus-lurus dengan sajian kikil daging sapi yang gurih dan nikmat.

 

9. Baso Cuanki

Konon Baso Cuanki merupakan singkatan dari Baso Cari Uang Sambil Jalan Kaki. Unik juga kan singkatannya. Baso Cuanki yang paling terkenal di Bandung adalah Baso Cuanki Serayu. Rata-rata Baso Cuanki yang terkenal di Bandung sudah mangkal alias tidak ada yang jalan kaki lagi. Jika kalian beruntung terkadang banyak juga Baso Cuanki yang berjualan masih berjalan kaki. Biasanya pedagang Baso Cuanki juga menyajikan menu indomie rebus buat mereka yang kelaparan di jalan.

 

10. Kue Cubit Green Tea

Kue Cubit Green Tea ini selain lezat juga bisa menghasilkan rupiah. Jangan dilihat dari kuenya yang kecil tetapi keuntungannya bisa sampai membeli rumah dan mobil. Tak heran jika sekarang ini semakin banyak anak muda yang berbisnis kue cubit karena keuntungannya sangat mengigit. Kalian juga bisa menambahkan topping keju dan susu untuk menambah nikmat. Beberapa modifikasi pun dilakukan untuk kepuasan pelanggan. Coba juga deh kue cubit green tea yang diberikan ice cream lezat. Rasanya cocok sekali jika ice creamnya dengan rasa vanilla atau strawberry.

(baca juga: 7 Wisata Alam Kota Bandung Yang Menarik Dikunjungi)

About the author

Related Posts