Tourism

Bosan ke Pantai? 10 Danau Berwarna Biru Ini Bisa Manjakan Mata Anda

Pemandangan air berwarna biru biasanya identik dengan pantai. Namun adakalanya juga kita merasa bosan jika tiap liburan terus-terusan pergi ke pantai. Nah jika Anda ingin menikmati wisata air selain pantai, Indonesia memiliki banyak danau berwarna biru yang sangat indah dan menyegarkan untuk dipandang lho!

Danau-danau dengan warna yang biru menarik, menjadi pesona tersendiri untuk ditelurusi. Terlebih lagi, hampir semuanya masih alami sebab belum banyak tersentuh orang.

Penasaran? Berikut sepuluh danau cantik berwarna biru yang wajib masuk dalam destinasi wisata Anda berikutnya:

  1. Danau Kaolin, Belitung

Danau Berwarna Biru

Danau pertama yang bakal membuatmu takjub dengan keindahan airnya adalah Danau Kaolin. Objek wisata satu ini sendiri berada di Belitung dan menjadi salah satu spot favorit bagi anak muda. Kaolin sendiri sebenarnya merupakan galian bekas tambang yang bertahun-tahun ditinggalkan. Siapa sangka, tempat yang memiliki dua kolam dengan warna biru dan hijau tersebut berakhir menjadi salah satu destinasi paling kece di Belitung.

  1. Danau Biru Cigaru

Danau Berwarna Biru

Tak jauh beda dengan Kaolin, ada destinasi lain yang juga berasal dari aktivitas galian tambang yang kini tergenang air. Tempat tersebut adalah Danau Biru Cigura yang juga menarik pendatang karena keelokan airnya. Destinasi wisata ini sendiri berada di Tangerang dan merupakan tujuan bagi warga Jakarta yang ingin mendekatkan diri dengan alam. Nah, untuk Anda yang berniat liburan ke sini, jangan lupa untuk naik perahu dan keliling danau ya!

  1. Telaga Warna

Danau Berwarna Biru

Ingin rasakan sensasinya menikmati keindahan danau di dataran tinggi? Tak perlu jauh-jauh ke Ranu Kumbolo, langsung saja berkunjung ke Wonosobo. Di sini, Anda bakal disajikan dengan pemandangan danau berwarna biru yang sangat indah. Apalagi kalau bukan Telaga Warna yang selama ini menjadi objek wisata andalan kabupaten Wonosobo. Bukan hanya warna biru, Anda pun juga bisa melihat air di danau ini berubah menjadi warna hijau. Cantik bukan?

  1. Situ Cilembang, Jawa Barat

Danau Berwarna Biru

Danau dengan banyak nama. Mulai dari Situ Cilembang, Sirah Cilembang, Danau Biru Harian Cilembang hingga ada yang menyebutnya Labuan Cermin Cilembang Sumedang. Dnaau ini berada di Desa Curug, Sumedang, Jawa Barat. Air danau yang berwarna biru dari pantulan cahaya matahari yang sangat indah. Dengan bebatuan di dasar danau yang terlihat sangat jelas, Situ Cilembang ini memang mirip dengan Labuan Cermin yang ada di Kalimantan Timur. Yang membedakan adalah air tawar di danau ini masih digunakan warga sebagai sumber kebutuhan sehari – hari. Karena itu, pengunjung tidak diperbolehkan untuk berenang di danau ini.

  1. Telaga Biru Semin, Daerah Istimewa Yogyakarta

Danau Berwarna Biru

Berbeda dengan danau lainnya, Telaga Biru Semin yang terletak di Desa Candirejo, Gunungkidul, Yogyakarta  ini terbentuk akibat ceruk bekar galian tambang yang perlahan – lahan digenangi oleh air. Genangan tersebut akhirnya membentuk kolam – kolam yang berwarna biru dan sangat menawan. Pemandangan dari atas danau pun tidak kalah, ceruk masing – masing danau yang terpisah oleh gunungan batu membuat danau ini seperti dikelilingi oleh pulau – pulau kecil. Warna hijau pepohonan yang kontras dengan birunya danau menjadi sensasi yang tidak terlupakan ketika mengunjungi Telaga Semin. Instagramable!

(Baca juga: Hati-Hati, 4 Makanan Ini Bisa Tingkatkan Risiko Kanker Usus Besar)

  1. Danau Biru Walasiho, Sulawesi Tenggara

Danau Berwarna Biru

Danau ini berwarna biru sebening kaca. Terletak di Kolaka Utara, tepatnya di Desa Walasiho, perjalanan yang harus ditempuh untuk mencapai danau ini adalah selama 5 jam dari pusat kota dengan melewati tiga kabupaten. Dikelilingi tebing, danau seluas 164 meter ini memiliki kedalaman maksimal 7 meter, yang memungkinkan kita untuk melakukan snorkeling dan menikmati keadaan bawah danau yang sangat indah. Selain itu, lokasinya cukup dekat dengan pantai berpasir putih yang jaraknya hanya beberapa menit berjalan kaki.

  1. Danau Biru Sawahlunto

Danau Berwarna BiruLiburan ke Sumatera Barat? Anda wajib mampir ke danau yang juga memiliki air berwarna biru dari kejauhan. Destinasi ini adalah Danau Biru Sawahlunto yang menawarkan pemandangan air serta pegunungan bekas pertambangan batu bara. Panoramannya tentu saja eksotis dan bakal memanjakan Anda yang sudah rindu untuk liburan di alam terbuka. Nah, untuk sampai di sini Anda perlu bersabar lantaran jalan utamanya masih rusak.

  1. Bukit Jaddih Madura

Danau Berwarna BiruDanau berikutnya yang pastinya tak kalah membuatmu kagum adalah di Bukit Jaddih. Ya, Objek wisata di Madura ini populer karena memiliki air berwarna biru kehijauan. Belum lagu dengan tebing batu kapurnya yang menawan bak tembok buatan manusia. Hingga saat ini, tempat ini tak hanya ramai dikunjungi oleh warga Madura. Namun, banyak pula wisatawan dari luar kota yang penasaran dengan keindahan tempat satu ini.

  1. Danau Tebing Makariki, Maluku

Danau Berwarna Biru

Danau ini teletak di Kecamatan Tehoru, Pulau Seram, Maluku Tengah. masih sangat alami, sebab belum banyakdikunjungi orang dikarenakan lokasinya yang cukup sulit untuk dicapai. Namun, kesulitan menjajal lokasi menuju danau ini akan terbayarkan dengan pemandangan yang menakjubkan. warna air yang biru cemerlang, berada di antara dua tebing membuat suasana masik tenang dan mencengangkan. Ditambah lagi dengan udara yang sangat dingin sebab lokasinya persis berada di kaki Gunung Binaiya. Butuh waktu sekitar 2 jam trekking untuk mencapai danau ini.

  1. Telaga Samares, Papua

Danau Berwarna Biru

Banyak yang mengatakan bahwa Telaga Samares merupakan danau yang paling biru di Indonesia. Namun sayang, pamornya belum sekuat Labuan Cermin atau yang lainnya. Telaga yang terletak di Samares, Biak Timur, Papua ini memiliki air yang sangat biru dan jernih dikelilingi pepohonan tropis yang sangat teduh. Airnya pun segar, dan bisa digunakan untuk berenang. Di dalam telaga ini banyak batang pohon yang tumbang, namun tidak mengurangi keindahan, melainkan menambah eksotisme dari Telaga Samares, sebab perpaduan warna biru dan baris – baris batang pohon yang berada di dalam danau menambah gradasi keindahan Telaga Samares.

(Baca juga: Fakta Menarik Tentang Tulisan Tangan)

About the author

Related Posts